Aneka tips

Aneka tips memasak


tips: Kaldu Udang

Mendapatkan kaldu udang yang gurih, sangrai atau panggang kulit, dan kepala udang hingga kering dan harum. Angkat lalu rebus dengan air secukupnya di atas api kecil hingga mendidih dan airnya berkurang � bagian.

tips: Menyimpan Tahu Segar

Tahu segar dapat tahan disimpan beberapa hari. Cuci tahu dengan air  bersih, tiriskan lalu masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es… Atau rendam tahu dalam air matang lalu simpan dalam lemari es.

tips: Telur Dadar

Agar telur dadar lebih lembut dan harum, tambahkan 1 sendok makan  tepung terigu dan � sdt bawang putih parut ke dalam 2 butir telur

kocok. Kocok hingga rata dan bubuhi bumbu lain sesuai selera.

tips: Menyimpan Roti Tawar

Untuk mendapatkan roti tawar yang selalu segar dan harum, caranya

mudah. Masukkan roti tawar ke dalam kantong plastik, tutup rapat,

simpan dalam freezer. Jika akan disantap, keluarkan dari freezer,

diamkan beberapa saat hingga bersuhu ruangan.

tips: Menyajikan Minuman Dingin

Jika akan menyajikan minuman dingin, sebaiknya simpan gelas-gelas

dalam freezer selama 1-2 jam hingga dingin dan berembun. Tuangkan

minuman dingin, rasanya menjadi lebih segar dan awet dinginnya.

tips: Memperoleh Santan Yang Banyak

Untuk memperoleh santan yang banyak dan putih bersih, pilih kelapa sedang tuanya, kupas kulit arinya lalu parut. Peras kelapa parut dengan air hangat agar santan yang ke luar lebih banyak.

tips: Sisa Roti Tawar

Ada sisa roti tawar? Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong lalu panggang hingga kering. Jadilah camilan gurih atau teman makan sup yang enak.

tips: Mencincang Bawang Putih

Saat mencincang bawang putih, bubuhi sedikit garam agar bawang putih

bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet.

tips: Menyimpan Makanan dalam Kulkas

Jika Anda akan menyimpan makanan matang dalam lemari es, jangan lupa

tutup dengan selembar plastik, atau bungkus dengan ‘plastic wrap’ tipis/bening atau taruh dalam wadah tertutup. Karena jika terkena udara dingin cairan dalam makanan akan terdorong ke luar dan makanan menjadi kering.

tips: Menyimpan Kuning Telur

Saat membuat kue, kuning telur bersisa banyak? Masukkan dalam wadah,

bubuhi sedikit gula pasir, aduk rata lalu simpan dalam freezer. Jika

ingin memakainya, lumerkan dalam suhu ruangan.

tips: Menggoreng Singkong

Singkong digoreng 1/2 matang, waktu lagi panas-panas baru diangkat dari penggorengan langsung di masukkan ke air garam (boleh tambah bawang putih) jadi langsung berasap dan airnya langsung nyerap. Biarkan beberapa saat sampai agak meresap baru digoreng lagi. Dijamin merekah-rekah dengan empuknya dan rasa bumbunya benar-benar terasa.

tips: Bebas Kutu

Agar kacang kedelai dan beras ketan bebas dari kutu saat disimpan lama, tambahkan 1 atau 2 buah cabai merah kering dalam wadah penyimpannya lalu tutup rapat.

tips: Menyimpan Santan

Ingin menyimpan santan? Rebus santan dengan sedikit garam lalu dinginkan. Taruh dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Santan tahan disimpan hingga 1 bulan. Jika tidak diberi garam bisa tahan sekitar 2 hari.

tips: Saus Tomat Lebih Sedap

Ingin rasa saus tomat botolan yang lebih sedap? Tambahkan 1 sdt peterseli cincang halus atau seledri cincang halus untuk tiap 5 sdm saus tomat botolan…

tips: Kemiri Gurih

Sebelum dihaluskan, sangrai atau bakar kemiri hingga agak kecokelatan.

Kemiri menjadi lebih gurih dan harum aromanya.

tips: Membuat Kroket

Setelah kroket dilapisi tepung panir, simpan dalam lemari es selama 30 menit agar lapisan tepung panirnya melekat sempurna. Goreng dalam minyak banyak dan hasilnya kroket menjadi lebih mulus dan minyak bekas menggorengpun tidak kotor.

tips: Gula Bubuk

Dalam pembuatan kue, ayak gula bubuk sebanyak dua kali agar benar-benar terurai sehingga mudah larut saat dikocok. Karena gula bubuk yang dijual biasanya dicampur dengan tepung maizena dan bergumpal.

tips: Keripik Kentang Garing & Renyah

Saat membuat keripik kentang, rendam 1 kg irisan kentang dalam air bersih yang dibubuhi 2 sdm air kapur sirih. Biarkan beberapa saat, tiriskan lalu goreng dalam minyak banyak hingga kuning keemasan. Hasilnya keripik lebih garing dan renyah.

tips: Ketan Legit

Untuk memperoleh ketan yang lembut dan legit, setelah dicuci, rendam  beras ketan minimal 3 jam selama dalam air dingin. Tiriskan lalu buat aronan dan kukus hingga matang.

tips: Bawang Putih

Sebelum mencincang bawang putih, memarkan dahulu bawang putih berikut kulitnya agar aroma yang terdapat di bagian tengah bawang putih ke luar lalu kupas dan cincang halus atau kasar sesuai kebutuhan resep Anda.

tips: Nasi Pulen & Lembut

Untuk memperoleh nasi yang lebih pulen dan lembut, tambahkan 2 sdm beras ketan putih pada tiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis

beras lalu olah seperti biasa.

tips: Mengolah Daging Ayam Ras

Aroma daging ayam ras/broiler biasanya sangat tajam dan khas. Untuk

mengurangi aroma ini, lumuri tiap 1 kg potongan daging ayam ras dengan

1 sdt bawang putih parut dan 1 sdt jahe parut. Diamkan minimal selama 30 menit, tiriskan lalu olah sesuai resep Anda.

tips: Orak-arik Telur

Untuk mendapatkan orak-arik telur (scramble eggs) yang gurih dan lembut rasanya, tambahkan 2 sdm susu cair atau 1 sdm krim untuk tiap 4 butir telur. Gunakan mentega untuk menggoreng agar aroma dan rasanya lebih gurih.

Tips: Mengolah Daging Kambing

Pilih daging kambing muda. Sebelum diolah, lumuri daging kambing dengan parutan nanas, diamkan 30 menit, lalu bilas kemudian diolah sesuai kebutuhan.

tips:Noda Makanan Hangus di Kompor

Tungku kompor gas Anda terkena noda makanan hangus? Taburi noda atau bagian yang berkerak dengan abu gosok. Gosok kuat-kuat dengan lap yang sudah dibasahi air hangat lalu lap kembali dengan lap bersih.

tips: Bebas bau Durian

Ingin menyimpan durian dan bebas dari bau yang tajam? Bungkus daging

buah durian berikut bijinya dengan kertas aluminium, masukkan ke dalam

wadah, tutup rapat dan simpan dalam freezer. Saat akan dimakan, keluarkan dari freezer dan diamkan dalam suhu ruangan hingga lumer.

Tips membuat pewarna makanan

gambar

 

Daun Suji kayu secang Angkak
 gambar

Bunga telang Kunyit Kluwek

Pewarna makanan


Warna pada makanan atau minuman memang kadang memberikan penampilan lain yang lebih menarik. Yuk kita bahas pewarna alami dan bagaimana membuatnya!

Daun Suji

Daun suji biasa dipakai sebagai pemberi warna hijau pada makanan. Karena keindahan bentuk daunnya, tanaman ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias. Agar lebih sempurna, daun suji seringkali dicampur dengan daun pandan sehingga selain memberi warna sekaligus juga memberi aroma harum pada makanan, kue dan minuman Anda.

Cara membuatnya: iris halus daun suji dan daun pandan, haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender, peras, dan saring, lalu tambahkan air kapur sirih sebagai pengawetnya. Masukkan ke dalam botol tertutup, lalu simpan di lemari es.

Kayu Secang

Secang (Caesalpinia sappan L.) adalah tanaman berkayu yang biasa dimanfaatkan bagian batangnya.

Cara menggunakannya, batang basah diserut dan dikeringkan. Serutan batang kayu secang kering direbus dengan air dan disaring, baru dicampurkan ke dalam adonan atau bahan yang akan diwarnai. Secang memberikan warna merah. Kayu secang dapat diperoleh di toko yang menjual jamu tradisional.

Angkak

Warna merah angkak sangat potensial sebagai pengganti warna merah sintetis. Saat ini angkak digunakan pada berbagai produk makanan seperti pada pembuatan anggur, keju, sayuran, pasta ikan, kecap ikan, minuman beralkohol, aneka kue, serta produk olahan daging seperti sosis.

Angkak digunakan dengan cara diseduh air panas, air seduhan pertama dibuang karena rasanya pahit. Baru pada seduhan ketiga disaring, lalu haluskan. Pewarna merah juga dapat diperoleh dari kulit bunga rosella (Hibiscus Sabdariffa L) dengan cara diseduh air panas terlebih dahulu sebelum digunakan, atau diperoleh dari bit yang direbus lalu diambil airnya, atau diblender bitnya.

Bunga telang

Bunga telang berwarna biru keunguan yang banyak tumbuh di Asia. Warna biru keunguannya dapat digunakan sebagai pewarna alami biru pada penganan.

Cara menggunakan: cuci bersih bunga telang, remas-remas atau tumbuk dengan sedikit air matang, lalu saring. Bisa juga dengan merebus bunga talang hingga bunga layu dan airnya berwarna biru, kemudian saring dan diambil airnya. Alternatif lain bisa juga dengan cara merendam bunga telang dengan air panas hingga airnya berwarna biru, remas-remas, saring, dan ambil airnya. Untuk menyimpan dalam waktu lama, bunga telang bisa dikeringkan dengan cara dijemur di sinar matahari, lalu masukkan ke dalam kemasan yang kering dan tertutup.

Kunyit

Warna kuning dari kunyit diperoleh dengan cara diparut sampai halus, diperas atau dicampurkan langsung ke makanan.

Saat ini bubuk kunyit juga banyak dijual di toko swalayan.

Kluwek

Untuk hidangan atau kue yang berwarna hitam dapat digunakan abu merang yang dibuat dari merang yang dibakar,lalu diayak.

Atau bisa juga kluwak kwalitas baik dipecahkan, lalu diambil daging buahnya untuk kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu lainnya, atau dari tinta cumi yang dilarutkan dengan air.


Nah, sekarang tinggal pilih akan diberi warna apa kue dan minuman Anda? Sudah saatnya kita memilih pewarna makanan alami demi kesehatan keluarga kita.

Tips Daging ayam dan Sapi

 

gambar

Ms Hastuti  

ayam sapi
 tips daging ayam dan sapi

Dibutuhkannya pengetahuan tentang teknik menyimpan dan mengolah daging. Sebab, setiap daging memiliki perlakuan yang berbeda sesuai jenis dan karakternya. Maka, sekadar pengetahuan, kami memberikan beberapa tips bagaimana menyimpan, memilih, dan mengolah daging secara garis besar yang kami kutip dari berbagai sumber. Yaitu sebagai berikut.

I. Tips memasak daging berkuah:

Beberapa kunci penting dalam memasak daging2an berkuah:

1. Pastikan daging dan bumbu dimasak secara bersamaan sejak awal. Hal ini akan membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging, cita rasa bumbu dan kuah yang dihasilkan pun akan semakin matang sempurna.

2.Gunakan api kecil, untuk mendapatkan kaldu yang sempurna dan tekstur daging yang lembut. Hindari penggunaan api sedang dan besar, sebab akan menjadikan kaldu berwarna buram dan cita rasa yang hambar serta tekstur daging yang kering.

3.Apabila menggunakan panci tekan/presto (pressure cooker) boleh menggunakan api yang sedang, sebab proses pemasakannya memanfaatkan sistem tekanan uap panas sehingga mampu mengeluarkan sari-sari daging dari “sarangnya”.

4.Untuk beberapa jenis masakan, seperti soto, pindang, dan rawon, apabila diinapkan selama satu malam akan dihasilkan paduan kaldu dan bumbu dengan cita rasa terbaik.

5. Karena daging kambing lebih tinggi dalam menyerap rempah dibandingkan daging sapi. Maka, lebihkan takaran rempah 25-40% jika memasak daging kambing.

6.Usahakan untuk mencampur daging dengan minimal 30% daging bertulang pada masakan berkuah untuk mendapatkan kaldu yang banyak sekaligus meningkatkan penampilan agar lebih menantang selera.

II.Tips memilih daging ayam

1. Pilih daging ayam yang keadaannya masih segar.

2.Pilih yang baunya masih normal, yaitu tidak busuk atau menyengat.

3.Pilih yang tidak mengalami perubahan warna. Yang normal biasanya berwarna putih kekuningan. Daging ayam yang berwarna agak kemerahan umumnya disebabkan karena si ayam sudah mati sebelum dipotong. Sedangkan daging ayam yang berwarna kuning menunjukkan kurang sempurnanya pemanasan saat membersihkan bulu, sehingga kulit arinya tidak terkelupas.

4.Pilih yang tidak terlihat ada tanda memar.

III. Tips penyimpanan daging ayam

1. Bersihkan daging dari bulu-bulu yang masih melekat.

2.Cucilah daging hingga bersih sebelum disimpan.

3.Bungkus daging ayam dengan kemasan plastik atau tray foam serapat mungkin untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada waktu penyimpanan.

4.Penyimpanan dapat dilakukan di dalam lemari es dengan temperatur 2-4 derajat celsius, maka daging mampu bertahan selama 2-3 hari.

IV. Tips mengenali ciri daging gelonggongan:

1. Warnanya pucat (daging yang masih baik berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan)

2.Kandungan air sangat tinggi/lebih berair/lembek.

3.Kondisinya agak rapuh sehingga tidak bisa dijadikan sejumlah produk olahan, seperti bakso.

4.Diletakkan di meja (tidak digantung). Sebab, apabila digantung akan meneteskan air.

5. Biasanya harganya lebih murah di bawah harga standar.

6.Lebih cepat busuk, sebab lebih mudah berkembangbiaknya mikro organisme.

V. Tips membeli daging Sapi

1. Daging yang baik warnanya merah terang dan lemaknya berwarna kuning.

2.Pilihlah daging yang masih jelas pada bagian tubuh hewan tertentu, seperti bagian paha, iga, atau sengkel sehingga tidak ragu bahwa daging yang dibeli itu bukan daging campuran.

3.Hindari daging campuran yang sudah tidak dapat diidentifikasi karena daging oplosan biasanya terdiri dari berbagai bagian tubuh hewan yang sudah dipotong-potong kecil sehingga tidak terlihat jelas bagian daging apa yang ditawarkan oleh penjual.

VI. Tips menyimpan daging di freezer:

1. Daging harus dalam kondisi segar berwarna merah.

2.Bungkus daging dengan kemasan plastik tebal, dikemas rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi cokelat kehitaman, akan terjadi penyimpangan rasa apabila diolah, dan alot.

3.Apabila hendak digunakan, cairkan (thawing) daging. Ada 3 cara pencairan, yaitu di pindahkan ke chiller selama 12-24 jam, dibiarkan dalam temperatur ruang, dan letakkan di wastafel sambil dikucuri air keran.

4.Daging yang sudah di-thawing tidak bisa dikembalikan ke freezer karena bakteri yang semula tertidur lelap bangun kembali dan mulai merusak daging. Sebaiknya daging segera diolah habis, kalaupun mau disimpan masukkan ke chiller, itu pun hanya bertahan 2 hari saja.


Didapat dari berbagai sumber diantaranya:

bima.ipb.ac.id/~anita

Struktur Daging sapi

Tips memilih buah

Feb. 22, 2011

gambar buah

Ms Hastuti  

manggis salak pepaya
 Memilih BuahMs Hastuti  

Beda salak pondoh dan salak bali

* salak Pondoh lebih kecil dan kulitnya kering garing serta mayoritas bentuknya kerucut.

* daging salak Bali lebih tebel dan bijinya agak kecil, sedangkan salak pondoh sebaliknya.

* untuk dapetin yang agak manis, tekan bagian kepalanya itu, cari yg agak kempes (gak keras lagi) dan cari bentuk yg meruncing kepalanya.

Memilih buah Manggis

* pilih yg kulitnya lembut bila dipencet/raba.

* warnanya ungu tua segar. Raba dulu seluruh permukaan, kalo ada yang keras itu artinya bagian tsb masih mentah atau busuk. Tangkainya utuh dan hijau segar. Manggis kecil malah lebih bagus ketimbang yang ukuran besar yang biasanya matangnya tidak merata.

* kalau ada wadah air, cemplungin manggis ke dalam air. Manggis yg terapung tandanya bagus. [dari Trubus]

* lihat dibagian bawah buah, pilih yang bagian tersebut sudah agak pada renggang.

Memilih Buah pepaya

* untuk pepaya biasa (bukan pepaya bangkok), pilih yang bentuknya lurus/panjang. Jangan yang atasnya kecil bawahnya besar, atau sebaliknya.

Feb. 22, 2011

gambar buah

 

apel sawo pisang
 Memilih Buah

Memilih Buah Apel

* apel yang crunchy (nggak gabus), kalau diketuk-ketuk (dislentik/dijentik maksudnya) dengan kuku bunyinya nyaring. Berarti masih banyak airnya. * Kalo suaranya ‘bariton’ berarti udah kurang crunchy lagi.

Memilih Buah Sawo

* pilih sawo yang empuk dan sudah berwarna coklat tua.

Masalah bentuk dan besarnya gimana engga terlalu soal, yg penting perhatikan betul kulitnya harus mulus.

Jangan pilih sawo yg ada luka/goresan/ lubang sekecil apapun (meskipun ukurannya gede). Trus jangan dipilih kalau dikulitnya nempel bekas getah. Bisanya kulit yg cacat gini, daging  dibawahnya akan keras/rusak.

Memilih Buah Pisang

* khususnya pisang ambon, pilih yang bentuk pisangnya bulat.

* bagian batangnya jangan yang udah kering banget, berarti itu pisang udah lama ‘berpisah’ dengan pohonnya.

 gambar buahMs Hastuti  

durian mangga jeruk
 

Memilih buah

Ms Hastuti  

Memilih Buah Durian

* yang durinya sudah melebar dan daging durinya sudah agak lunak.

* aromanya harum dan kulitnya tdk ada yg bolong

* kalau dipukul2 bunyinya buk ..buk…berat mantep (nggak garing kosong).

* lihat tangkainya (dipotong sedikit), kalau tengahnya kuning berarti bagus.

* jangan pilih yang bulat bagus, tapi yang bentuknya agak aneh, biasanya bagus.

Memilih Buah Mangga

* pilih mangga yg bonggolnya (ujung tangkainya) berwarna kuning/kekuningan.

* pilih yang harumnya manis sampai ke ujung buah.

* di pangkalnya harum dan lebar. Kulitnya mulus dan kencang, tidak mengkerut. Keseluruhan buah aromanya harum manis.

* pilih yg warna hijaunya agak tua buram dan bebintik hitam.

Memilih Buah Jeruk

* pilih yg warnanya kuning betul bukan kuning terang.

* pilih yg kulitnya tipis dan mengkilat.

* khususnya jeruk mandarin pilih yang berat, trus ada lekukannya dikit (kalau diraba dengan jempol ada deko’ annya) cari yg dekoannya empuk.

 gambar buah

semangka alpukat duku

Memilih buah


Memilih buah semangka

* semangka biasanya ditepuk-tepuk utk. mendengar ‘kopong’ enggaknya. Semakin kopong berarti kurang banyak airnya, kurang seger.

* melon, pilih yg wangi.

* perhatikan bagian patahan tangkainya, pilih yg buletan tangkainya kelihatan mekar.

* pilih melon yg guratan uratnya banyak dan tebal.

Menurut Trubus ini tanda buah sudah mateng pas dipanen.

* pilih melon yg kerasa bijinya sudah pada lepas saat buah digoncang

Memilih Buah alpukat

* kocok-kocok alpukat, pilih yg berbunyi, tandanya tua.

* pilih yg kulitnya mulus.

Memilih Buah Duku

* kulitnya tipis dan lembut dan agak kehitaman artinya udah masak dan manis. Tapi, kalau warna coklat dan agak berair itu tandanya busuk.

Manfaat buah apel

 

Manfaat Buah Apel

 

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah memang sangat dianjurkan. Salah satu buah yang bisa Anda masukkan dalam menu sehat harian Anda adalah apel.

Buah berkulit mengilap dan memukau ini ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Seperti dikutip dari laman Shine, ketahui manfaat kesehatan dalam buah apel:

1. Mereka Makanan Lambat

Dikemas dengan kandungan serat lima gram mampu memenuhi 20 persen dari nilai asupan gizi harian Anda. Tekstur buahnya yang renyah bisa memaksa Anda untuk berusaha mengunyah. Kegiatan ini bermanfaat sebagai pengganti senam wajah.

Selain itu, pemanis alami dalam apel mampu memasuki aliran darah secara bertahap, membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat insulin stabil sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Melindungi Paru dan Mencegah Asma

Berdasarkan penelitian yang dikembangkan dari Britania Raya menyatakan, wanita yang mengonsumsi buah apel secara rutin saat mengandung bisa memberikan keuntungan kesehatan pada bayi yang akan dilahirkannya.

Selain itu, konsumsi apel bisa mencegah anak mengembangkan penyakit asma ketika usianya mencapai lima tahun. Buah ini juga dapat melindungi paru-paru orang dewasa, menurunkan resiko asma, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya.

3. Pengikis Kolesterol

Berkat dua komponen kunci, pektin (sejenis serat) dan polifenol (antioksidan kuat), apel dapat mengambil mereduksi kadar kolesterol darah dan mencegah oksidasi LDL (“buruk”) kolesterol, proses kimia yang mengubah menjadi plak penyumbatan arteri.

Trik untuk memaksimalkan manfaatnya, jangan membuang kulitnya, kulit apel memiliki dua sampai enam kali senyawa antioksidan seperti daging.

4. Melawan Kanker

Lab penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam buah berair dan berdaging renyah ini mampu membunuh pertumbuhan sel kanker. Namun, khasiatnya akan bekerja baik jika buah ini dikonsumsi secara utuh.

Orang yang mengunyah lebih dari satu hari lebih, berisiko rendah menderita kanker, mulai dari kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium, prostat, dan lain-lain. Para penelitia Italia memperkirakan, mereka yang mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah penyakit mematikan ini 42 persen.

5. Mencegah Pikun Dikemudian Hari

Mungkin karena mereka meningkatkan produksi asetilkolin, zat kimia yang mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf, sehingga kandungan apel mampu menjaga ketajaman otak seiring pertambahan usia, meningkatkan memori, dan berpotensi mengurangi kemungkinan mendapatkan penyakit Alzheimer.

Penelitian terbaru ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Massachusetts di Lowell.

VIVAnews


Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Untuk selanjutnya, akan dibahas tentang apa saja yang terkandung pada buah apel? Dan apa saja manfaat dari buah apel?

Kaya vitamin

Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.

Kaya mineral

Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

Fitokimia

Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Kaya Serat

Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.

Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol

Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

Tanin

Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Baron

Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.

Flavoid

Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.

Asam D-glucaric

Apakah Asam D-glucaric itu? Asam D-glucaric merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Asam D-glucaric juga terdapat di dalam buah apel.

Quercetin

Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Buah apel mengandung zat quercetin.

Asam tartar

Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.

Melihat banyaknya unsur kesehatan yang dapat dimanfaatkan, tentu kita dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu buah apel setiap hari.

Kumpulan.info

Aneka bahan pembuat kue

Thank You

 

semoga bermanfaat

bahan tambahan kue


Soda Kue/Baking Soda

Merupakan komponen baking powder, kandungannya adalahsodium bicarbonat. Sifat bahan ini mengeluarkan gas (CO2) sehingga kue akan mengembang. Untuk membuat cake, penggunaannya biasanya bersamaan dengan baking powder. Untuk kue kering, soda kue memberikan efek tekstur kering, garing, dan renyah. Untuk membuat cake, menggunakan baking powder saja sebenarnya sudah cukup.

Ovalet & TBM

Ovalet, TBM, dan SP merupakan merek dagang. Pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bahan pelembut atau emulsifier dalam membuat cake, sehingga fungsinya bisa saling menggantikan dalam adonan cake. Namun, yang membedakan bahan pengemulsi ini terletak pada kualitasnya, karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Fungsinya sebagai emulsifier sehingga adonaan jadi lebih lembut. Jika hasil pengocokkan adonan cake dengan menambahkan ovalet atau TBM kurang stabil, makacake yang dihasilkan jadi kurang lembut dan kurang maksimal.

Baking Powder

Baking powder merupakan bahan pengembang (leavening agent), yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Sifat zat ini jika bertemu dengan cairan/air dan terkena panas akan membentuk karbondioksida. Karbondioksida inilah yang membuat adonan jadi mengembang. Untuk efek maksimal, gunakan double acting baking powder. Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue atau cake.
SP

Sifatnya melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu. Kandungan SP adalah gula ester. Esternya adalah asam lemak seperti asam steart, palmitic, dan oleic. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, karena hasil pengocokkan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Cream of Tar-Tar

Krim ini membantu mengeluarkan gas dalam adonan cake, agar lebih mengembang. Biasanya digunakan saat mengocok putih telur agar lebih kaku. Kandungannya merupakan garam potassium (kalium) dan asam tartaric.

VX

Bahan tambahan makanan yang sifatnya melembutkan ini tidak mengembangkan. Komposisinya sodium bicarbonat, sodium acid picorofosfat, dan sari pati jagung. VX biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan cake dan melembutkan secara maksimal.

Ragi Instan/Yeast/Biang Donat

Merupakan satu bahan dengan nama yang berbeda. Ragi isinya adalah mahluk hidup golongan khamir, yaitusaccaromyces cerevisiae. Mikroorganisme bersel satu inilah yang selama proses fermentasi pada adonan roti mengubah karbohidrat menjadi gas karbondioksida. Zat ini yang membuat adonan roti, donat, atau bakpau menjadi mengembang. Hanya dapat digunakan untuk adonan roti, bukan cake, atau kue kering. Dijual dengan merek dagang, salah satunya Fermipan.

Bread Improfer

Bahan ini ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti. Roti jadi lebih empuk, lebih lembap, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat, dan memperpanjang daya simpan. Terbuat dari berbagai macam campuran bahan aktif, seperti pelunak gluten, makanan ragi, enzim, dan emulsifier.


bima.ipb.ac.id/~anita/indocooking

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s