Memilih Kacamata

Sesuaikan Kacamata dengan Kriteria Wajah »

Sesuaikan Kacamata dengan Kriteria Wajah

Kacamata saat ini memiliki fungsi ganda yaitu sebagai alat bantu penglihatan sekaligus aksesoris fesyen guna menunjang penampilan. Bagi Anda yang memakainya untuk tujuan kedua, pasti harus tahu betul model kacamata seperti apa yang sesuai dengan kriteria wajah.
1. Pertama kali yang harus Anda ketahui adalah bentuk wajah Anda. Caranya ikat seluruh rambut ke belakang dan amati bentuk wajah Anda pada cermin.
2. Jika Anda memiliki bentuk wajah oval atau bulat telur, frame dengan bentuk apapun akan cocok untuk Anda.
3. Bagi yang berwajah panjang atau disebut dengan oblong, Anda memerlukan frame yang dapat memberi dimensi lebar pada wajah. Bentuk yang sesuai adalah oversized-frame bulat atau persegi, serta frame yang memiliki detil warna dan hiasan pada sisi luarnya.
4. Cobalah frame bulat dengan bahan metal tipis untuk ‘melembutkan’ bentuk wajah kotak. Kategori ini termasuk mereka yang memiliki dahi dan pipi yang lebar serta sudut dagu yang tajam.
5. Bagi yang berwajah bulat, hindari frame dengan bentuk serupa melainkan pilihlah bentuk kotak atau persegi sebagai gantinya. Sebaiknya hindari pula menggunakan frame tebal karena akan memberi kesan ‘berat’ pada wajah.
6. Seimbangkan bentuk wajah hati dengan frame yang lebih lebar di bagian bawah seperti aviator. Kategori wajah hati adalah mereka yang mempunyai dahi lebar dengan sudut wajah mengecil hingga dagu.
7. Pemilik bentuk wajah diamond, yaitu yang memiliki dahi sempit dengan pelipis yang agak lebar dan dagu kecil, disarankan untuk memakai frame berbentuk geometris atau oval untuk meminimalkan jarak pelipis yang lebar.
8. Pilih kacamata berukuran kecil jika Anda memiliki jenggot agar kacamata tidak terkesan menutupi wajah.
9.    Alis sebaiknya sejajar dengan bagian atas frame.
10. Gunakan frame kecil bagi yang memiliki bentuk kepala kecil. Pastikan lebar kacamata tidak melebihi sisi wajah Anda. Sebaliknya, gunakan frame besar bagi yang memiliki bentuk kepala besar. Hindari menggunakan kacamata yang menekan pelipis dan tulang pipi. (TR)
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s