Info Kesehatan

 

Sumber Penyakit

 

Sumber Penyakit Bisa Muncul dari Tauge dan Telur

Jakarta – Sayuran dan bahan makanan sehat yang telah dipilih dengan cermat bisa juga menjadi sumber datangnya penyakit. Karena itu kenali cara menanganinya dan olah dengan tepat sehingga membuat tubuh menjadi sehat, bukan malahan jadi sakit!

Sayuran hijau, buah-buahan, memang sangat baik untuk tubuh karena kaya akan vitamin dan  mineral. Namun makanan segar dan sehat tersebut ternyata juga bisa jadi sarang penyakit.

The Center for Science in the Public Interest telah membuat daftar 10 jenis makanan yang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit. “Waspada terhadap bahayanya tapi bukan berarti menghindari makanannya. Mengolah dengan baik bisa
terhindar dari penyakitnya,” ujar Sarah Klein, CSPI staff.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau disukai karena mengandung serat yang tinggi dan antioksidan. Namun sayuran hijau bisa menjadi penyebab beberapa jenis penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri yang dibawa dari air sewaktu menanam. Untuk menghindarinya, cucilah sayuran di bawah air yang mengalir agar bakteri dan kotoran larut bersama air.

Telur
Telur merupakan sumber protein hewani yang baik. Sarapan telur bisa menghindarkan diri  ‘kalap’ saat makan siang. Meski begitu, telur sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri Salmonella.

Perhatikan benar-benar proses memasaknya. Pastikan telur yang  dimakan sudah matang agar kuman-kuman mati dalam proses pematangan.

Ikan Tuna
Ikan tuna adalah jenis ikan yang mudah terkontaminasi dengan scombrotoxin yang bisa menyebabkan sakit kepala dan kram. Apabila ikan tuna disimpan dalam suhu lebih dari yang seharusnya, maka toksin tersebut akan sulit hilang meskipun sudah melalui proses
pemasakan.

Kentang
Kentang kecil yang sering dibuat campuran rendang biasa dimasak tanpa dikupas kulitnya. Jika dibersihkan dengan benar bakteri serta zat kimia yang menempel di kulit bisa hilang. Bakteri yang kerap kali menempel pada kentang diantaranya adalah Salmonella, E. Collidan Shigella.

Keju
Keju memang enak rasanya, namun juga mengandung beragam bakteri karena memang dibutuhkan selama proses pembuatan keju. Keju bisa saja terkontaminasi bakteri Salmonella atau Listeria. Tak heran jika ibu hamil tidak dianjurkan makan keju
seperti fetta chese, blue cheese untuk menghindari bakteri yang ada di dalamnya.

Tomat
Karena tomat dikonsumsi berikut kulitnya, pastikan selalu mencuci di bawah air yang mengalir.  Pastikan pula alat memasak yang digunakan seperti pisau untuk memotong sudah dalam kondisi bersih.

Tauge
Kadang suka malas membersihkan bagian ujung dari tauge. Padahal hal ini penting dilakukan agar tauge cukup aman di konsumsi. Proses membuang akarnya cukup makan waktu karena itu sering dibiarkan bersama akarnya. Mulai saat ini, luangkan
waktu untuk membersihkan tauge agar lebih bersih dan sehat saat dimakan.

 

 
Ciri Autism

Jika 2 dari 7 Pertanyaan Ini Dijawab Tidak = Anak Berisiko Autis

Jakarta, Banyak orangtua yang tidak menyadari atau tidak mau mengakui bahwa anaknya menyandang autis. Padahal bila autis dideteksi secara dini, maka bisa membuat peluang anak autis untuk mandiri lebih besar. Setidaknya ada 7 ciri utama autisme.

Diperkirakan sekitar 67 juta orang di dunia menyandang autis. Autisme diyakini sebagai gangguan perkembangan serius yang meningkat paling pesat di dunia.

Hingga kini, tidak diketahui penyebab penyakit tersebut dan belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Namun, deteksi dan penanganan dini akan membantu perbaikan perkembangan anak penyandang autis.

“Dari studi lebih dari 20 tahun yang dilakukan Robins D dkk dalam ‘The Modified Checklist for Autism in Toodlers, Journal of Autism and Development Disorders’ ada 7 checklist yang bisa digunakan untuk mendeteksi autis secara dini,” jelas Gayatri Pamoedji, SE, MHc, Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI), dalam acara Media Briefing Peluncuran Komik Autisme Pertama di Indonesia di Rumah MPATI, Jakarta, Rabu (30/3/2011).

Gayatri menyampaikan 7 ciri utama untuk mendeteksi anak autisme, yaitu:

  1. Apakah anak Anda memiliki rasa tertarik pada anak-anak lain?
  2. Apakah anak Anda pernah menggunakan telunjuk untuk menunjukkan rasa tertariknya pada sesuatu?
  3. Apakah anak Anda menatap mata Anda lebih dari 1 atau 2 detik?
  4. Apakah anak Anda meniru Anda? Misalnya, bila Anda membuat raut wajah tertentu, apakah anak Anda menirunya?
  5. Apakah anak Anda memberi reaksi bila namanya dipanggil?
  6. Bila Anda menunjuk pada sebuah mainan di sisi lain ruangan, apakah anak Anda melihat pada mainan tersebut?
  7. Apakah anak Anda pernah bermain ‘sandiwara’ misalnya berpura-pura berbicara di telepon atau berpura-pura menyuapi boneka?

Seorang anak berpeluang menyandang autis jika minimal 2 dari pertanyaaan diatas dijawab tidak.

“Tidak semua anak yang berpeluang menyandang autis memenuhi kriteria autis. 7 ciri utama ini digunakan agar orangtua dan guru waspada untuk segera memeriksa dan mendiagnosa anak yang berpeluang autis kepada dokter terdekat,” jelas Gayatri.

Menurutnya, Modified Checklist for Autism in Toodlers bisa digunakan untuk mendeteksi gejala autis untuk anak usia 18 bulan atau sebelum 3 tahun.

“Karena gejala autisme biasanya tampak sebelum anak mencapai usia tiga tahun,” lanjut Gayatri yang juga seorang ibu dari remaja penyandang autis.

Menurutnya, bila orangtua sudah bisa mendeteksi gejala autisme secara dini maka mereka akan memiliki peluang yang semakin besar untuk membuat anaknya menjadi mandiri.

“Yang penting membuat anak mandiri dan jauhkan mitos-mitos yang salah tentang autis. Punya anak autis memang berat tapi bukan akhir dari segalanya. Setipis apapun, harapan itu pasti ada,” tegas Gayatri.

Alpukat Bikin Sehat Jantung

 

Jakarta – Alpukat merupakan buah yang sangat enak, yang dapat dijadikan makanan ataupun minuman. Namun, tidak sedikit orang yang menghindarinya dengan alasan membuat gemuk. Padahal jika dimakan secara teratur buah yang memiliki bentuk sexy ini ternyata mampu mencegah penyakit jantung!

Buah yang memiliki nama asing advocat atau avocado pear ini, mempunyai tekstur dan rasa yang lembut dan gurih. Dibalik rasanya yang enak, ternyata buah bekulit hijau ini memiliki nutrisi penting yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Seperti yang diulas bolohealth, tidak hanya buah alpukat saja yang baik untuk jantung. Tetapi, makan telur dalam jumlah yang disarankan juga memberikan dampak baik untuk menjaga serta melindungi kesehatan jantung anda.

Kini, tidak ada lagi alasan untuk menghindari buah alpukat karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Karena lemak yang ada dalam buah ini terbilang baik dan memiliki kandungan  monounsaturated yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan menaikan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh.

Alpukat memang memiliki lemak tinggi 71 – 88 %  atau sekitar 20 kali lebih besar dari buah lain. Namun, lemak ini mengandung monounsaturated fatty acids atau lemak tak jenuh tunggal. Fakta menyebutkan, lemak monounsaturated di dalam makanan dapat menurunkan kadar triglyceride atau lemak darah yang dikenal dengan kolestrol jahat.

Menurut Early Show co-anchor Harry Smith dan disetujui pula oleh CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, bahwa makan alpukat secara teratur dapat meningkatkan kadar HDLdan menurunkan kadar LDL pada tubuh yang merupakan sumber lemak baik.

Selain itu menurut CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, telur juga ternyata baik untuk mereka yang terkena masalah kesehatan jantung. Telur memang memiliki jumlah kolestrol yang tinggi, namun jika makan telur dengan jumlah teratur atau tidak berlebihan, masih terbilang aman.

Sebab dalam satu butir telur memberikan 215mg, sedangkan tubuh memerlukan 300 mg kadar kolestrol baik, yang diperlukan tubuh. Karenanya, jika jumlah kolestrol dalam tubuh masih normal, masih bisa makan sebutir telur per hari.

Karena itu, cermatlah dalam memilih makanan. Usahakan pilih makanan sehat yang dapat mengurangi dan menetralisir lemak jahat dalam tubuh. Bisa mencobanya dengan makan buah alpukat dalam takaran yang terkontrol dan pastikan untuk makan buah alpukat tanpa tambahan gula atupun susu.

 Manfaat bawang putih untuk Flu
jakarta – Sedang lelah dan terkena flu? Itu tandanya daya tahan tubuh sedang menurun. Coba saja perbanyak makan jamur, semangka, tiram dan bawang putih. Makanan bisa mendongkrak saya tahan tubuh hingga tak mudah terserang flu!
Kondisi cuaca dan kelelahan bisa membuat daya tahan tubuh menurun dengan cepat. Beragam infeksi virus bisa dihindari jika daya tahan tubuh kuat. Dengan makan makanan bernutrisi secara teratur tiap hari daya tahan tubuh lebih meningkat dan tubuh lebih sehat.Beberapa jenis makanan sehat  ini bisa memperkuat dan memelihara daya tahan tubuh dari bahaya radikal bebas dan virus.

Elderberry
Ramuan yang terbuat dari ekstrak elderberry mampu menggempur virus flu. Beberapa studi kecil yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa bahan ini dapat membantu mempercepat masa pemulihan dari flu. Elderberry  kaya antioksidan dan memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan.

Jamur Kancing
Jamur memiliki kandungan mineral selenium dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, rendahnya tingkat selenium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjangkit flu yang lebih parah. Selain itu, kandungan riboflavin dan niacin dalam jamur kancing berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Jamur ini juga memiliki antivirus, antibakteri, dan efek anti-tumor.

Acai berry
Dikenal dengan istilah “makanan super”, acay berry juga menghasilkan antioksidan seperti blueberry. Hanya, kandungan antioksidan acay berry lebih tinggi dan sering disebut anthocyanin. Meskipun acay berry tidak secara khusus untuk memerangi penyakit, antioksidannya dipercaya dapat membantu tubuh melawan penuaan dan penyakit. Acay berry paling sering ditemukan dalam minuman jus atau smoothie atau dalam bentuk kering.

Tiram
Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem kekebalan tubuh, termasuk dalam penyembuhan luka.

Semangka
Selain rasanya yang menyegarkan, semangka yang telah matang juga memiliki kandungan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione  dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh . Glutathione  ditemukan dalam daging buah semangka yang merah.

Kubis
Selain semangka, kubis juga merupakan salah satu sumber glutathione yang berguna memperkuat sistem kekebalan. Kubis mudah didapat dan harganya murah. Cobalah menambahkan beberapa jenis kubis (putih, merah, china) pada sup dan minuman untuk meningkatkan nilai gizi dan sumber antioksidan dalam makanan.

Kacang almond
Stres, sama artinya dengan menurunkan kekebalan tubuh. Cobalah segenggam almond untuk mengatasinya. Makan ¼ cangkir almond memberikan kandungan 50 % dari jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B yang dapat membantu bangkit kembali dari dampak stres.

Grapefruits
Kandungan vitamin C dalam grapefruit sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Namun, hingga kini riset belum dapat membuktikan bahwa, untuk mengobati flu atau pilek hanya perlu vitamin C dari makanan saja tanpa suplemen. Namun, grapefruit dapat menjadi pilihan karena mengandung flavonoid (senyawa kimia alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh).

Yogurt rendah lemak
Secangkir yoghurt setiap hari dapat menghindari tubuh dari kedinginan. Beberapa peneliti percaya bahwa yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, studi terbaru menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dengan jumlah risiko kedinginan dan terkena flu.

Bawang putih

Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan H pylori, bakteri yang menyebabkan bisul dan kanker perut. Penelitian  menunjukkan bahwa bawang putih menjaga jantung sehat dengan menurunkan kadar kolesterol. Juga  punya sifat anti-jamur yang membantu mengobati infeksi asma.Sebaiknya kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam
Bayam dikenal sebagai makanan super karena kaya nutrisi. Hal ini karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah atau dimasak sebentar.

Teh
Suka teh hijau atau teh hitam? Keduanya sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam kedua jenis teh itu dapat menghancurkan radikal bebas.

Ubi jalar
Seperti halnya wortel, ubi jalar juga memiliki beta karoten antioksidan yang melawan radikal bebas. Ubi jalar juga mengandung vitamin A yang berguna memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Brokoli

Sayuran yang mudah dan murah ini ternyata mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.  Selain itu, brokoli juga memiliki vitamin A, C, dan glutathione.

 

Cara Cepat Mengobati Sariawan

 

Jakarta, Sariawan memang bukan penyakit yang serius dan mengancam jiwa, tapi kondisi ini sangatlah mengganggu dan menjengkel karena menyulitkan untuk makan dan berbicara. Ada beberapa cara mudah untuk mengobati sariawan.

Sariawan atau dikenal dengan sebutan stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut.

Hal ini bisa disebabkan dari beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau asam.

Daerah yang bisa terkena sariawan termasuk pipi, gusi, lidah, bibir serta langit-langit mulut. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah.

Dalam beberapa kasus, bahan-bahan yang ada di rumah bisa menjadi cara mudah untuk mengobati sariawan, seperti dilansir Mayoclinic dan Ehow, Senin (4/4/2011), yaitu:

1. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

3. Bilas mulut dengan obat tradisional
Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

4. Oleskan luka dengan bawang dan pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

5. Coba baking soda
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

6. Minum vitamin
Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

Bila sariawan tak kunjung sembuh hingga 2 minggu atau lebih, maka sebaiknya temui dokter. Ini adalah tanda kondisi yang lebih serius yang perlu ditangani.

 

7 Penyebab kolesterol

Ms Hastuti  

Jakarta, Ciri-ciri tubuh memiliki kolesterol tinggi adalah rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang hingga pundak, kaki bengkak, mudah capai dan gampang ngantuk. Kenapa bisa punya kolesterol tinggi? Coba cek 7 penyebab kolesterol tinggi berikut ini.

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Risiko terburuknya, gumpalan-gumpalan lemak bisa menyumbat aliran darah sehingga bisa memicu kematian akibat serangan jantung atau stroke.

Masalah kolesterol tinggi dialami ratusan juta orang di seluruh dunia. Penyebab utamanya kebanyakan adalah karena makanan. Tapi selain makanan ada penyebab lain yang patut Anda ketahui.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari luar pun kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik. Karena 80 persen kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 persen sisanya dari makanan.

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Dilansir dari Health.com, Minggu (3/4/2011) tujuh penyebab kolesterol tinggi yang dialami kebanyakan orang adalah:

1. Makanan sehari-hari
Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa. Beberapa makanan yang selama ini diyakini sehat seperti telur, juga banyak mengandung kolesterol.

Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi, sehingga disarankan untuk bijak mengonsumsi makanan sehari-hari agar tidak berlebih.

Mulailah menata makanan seperti daging sapi, kambing, susu, telur, mentega dan keju karena mengandung lemak jenuh.

Makanan yang mengandung minyak kelapa, minyak kelapa sawit atau mentega juga memiliki banyak lemak jenuh. Lemak jenuh juga sering didapati pada makanan ringan yang mengandung margarin, yang menggunakan minyak goreng dan kue-kue.

2. Berat badan

Berat badan berlebih tidak hanya mengganggu penampilan tapi lebih banyak efek buruk kesehatannya. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

3. Kurang bergerak

Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Coba perhatikan apakah kegiatan Anda lebih banyak duduk atau tidur dan jarang berjalan kaki. Kurang bergerak dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

4. Umur dan jenis kelamin

Setelah mencapai usia 20 tahun, kadar kolesterol biasanya cenderung naik. Pada pria, kadar kolesterol umumnya terus menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal akan turun saat menopause, setelah itu kolesterolnya cenderung tinggi seperti pada pria.

5. Penyakit tertentu

Bisa saja Anda sudah berusaha menjauhi makanan berlemak tapi ternyata kolesterol masih tinggi. Memiliki penyakit tertentu seperti diabetes atau hipotiroidisme dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

6. Sejarah keluarga

Jika salah satu anggota keluarga punya masalah kolesterol tinggi maka berhati-hatilah karena risiko Anda memiliki kolesterol tinggi juga bisa terjadi.

7. Merokok
Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda sehingga yang beredar di tubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini jika jika tidak dikendalikan bisa berakibat fatal.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s