Tips menghindari Kesetrum

Tips Cara Aman Dari Kesetrum Arus Listrik Yang Berbahaya Bagi Manusia – Setrum PLN, Genset, Dll

Sat, 03/05/2008 – 10:23am ā€” godam64

Listrik adalah suatu energi yang dapat dengan mudah diubah menjadi energi lain seperti energi panas, energi gerak, energi cahaya, dan lain sebagainya. Listrik memang saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia karena hampir semua peralatan dan perlengkapan yang ada di rumah hanya dapat dijalankan jika dialiri arus listrik yang cukup.

Dibalik kemudahan pemakaian dan penggunaan listrik, ternyata listrik dapat membahayakan makhluk hidup yang berurusan dengannya. Bahaya mengancam bagi orang yang tidak waspada dan berhati-hati pada listrik yang tegangan tinggi. Jika sedang sial seseorang dapat terkena setrum listrik yang dapat menyebabkan kematian dan luka parah.

Di bawah ini merupakan beberapa tips bagi anda yang dekat dengan listrik baik di rumah, di jalan, di kantor, dan lain sebagainya :

1. Matikan listrik atau putuskan sambungan ketika akan memperbaiki jaringan listrik, renovasi rumah, perbaikan alat-alat atau perangkat listrik, dan lain sebagainya.

2. Stop kontak listrik jangan ditumpuk-tumpuk dan gunakan satu stop kontak listrik saja per satulubang colokan listrik untuk menghindari korslet yang dapat membakar plastik alat listrik.

3. Jika menemukan kabel listrik yang terkelupas atau terbuka segera ganti kabelnya atau tutup bagian yang terbuka dengan isolator yang tidak menghantar listrik seperti solasi, lakban, dan lain sebagainya.

4. Hindarkan kecelakaan listrik pada anak kecil dengan menjauhkan atau menutup stop kontrak listrik baik pada saklar, stop kontak, kabel, sambungan, dan lain-lain.

5. Jangan memasang jaringan listrik terlalu rendah agar ketika banjir tidak mengancam jiwa penghuni rumah dan menjauhkan anak-anak dari bahaya setruman listrik yang berbahaya.

6. Jangan memperbaiki atau mengutak-atik perangkat dan jaringan listrik jika kita tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman kelistrikan yang cukup.

7. Jangan curang dalam memasang meteran listrik karena mungkin perangkatnya dimodifikasi sehingga membahayakan atau bisa menggiring anda masuk ke dalam penjara akibat pencurian listrik.

8. Gunakan perangkat, alat, komponen, material listrik dengan kualitas yang baik berstandar SNI(Standar Nasional Indonesia) atau LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) atau SPLN (Standar PLN). Jangan menggunakan perangkat listrik yang pas-pasan atau dipaksa bekerja keras tidak semestinya.

9. Waspadai sumber listrik atau kabel listrik yang dekat dengan pohon, tiang antena tv, tiang antena radio, tiang telepon dan tiang-tiang lain. Paskas ranting dan daun pohon ketika kering kalau sudah menyentuh kabel listrik dengan hati-hati. Cek tiang yang menyentuh kabel listrik, jika ada aliran listrik hubungi petugas perbaikan pln untuk memperbaiknya agar anda tidak kena setrum listrik yang membahayakan.

Intinya kita harus selalu waspada penuh pada listrik agar tidak memberikan efek dan dampak negatif pada kita dan orang lain. Semoga artikel dari situs web organisasi.org ini beguna bagi kita semua, amin.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s