Aneka tips Kesehatan

Tips Mengatasi mata merah

Kebetulan di rumah bapak ibu saya terdapat tanaman obat-obatan tradisional. Kalau beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Ada benarnya sih pemberian nama TOGA ini. Kadang kala orang juga sering menamai pengetahuan yang bersumber dari keluarga yang sifatnya turun-temurun ini sebagai suatu “kearifan lokal”. Nah, sebagai seorang manusia yang sering terkena penyakit (Normal bukan?), kadang kala atau malah sering kali obat-obatan yang saya pergunakan untuk mengatasi sakit saya berasal dari tumbuh-tumbuhan di sekitar rumah.
Suatu saat saya mengalami yang namanya “kelilipan” atau mata terkena sesuatu benda sedemikian sehingga saya merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Kemudian secara reflek saya “mengucek (bahasa jawa)” atau menggosok mata saya tersebut dengan tangan. Sebuah perbuatan yang sangat saya sesali karena kemudian mata saya menjadi merah. Dan apa lacur, tidak hanya merah saja mata saya tetapi mata saya bahkan bengkak dan bola mata saya seperti mau keluar dari rongga mata. Saya ketakutan tentunya menyaksikan mata saya dicermin. Itu tidak terhitung air mata yang telah saya keluarkan karena kejadian itu.
Saya mengadu ke ibu bapak. Sebuah perbuatan yang wajar bukan. Jika anda sakit sebaiknya anda juga melakukan hal seperti saya. Meminta tolong seseorang. Bukan begitu? Ibu saya sehabis saya perlihatkan kondisi mata saya, dengan sedikit kepanikan menyarankan saya untuk memetik beberapa buah daun Sirih yang berada di beranda samping rumah. Kemudian menyuruh saya untuk mencucinya dan kemudian merendamnya dalam air panas. Semua saya lakukan sendiri.
Air yang telah direndami Daun Sirih beberapa lembar tersebut kemudian saya pergunakan untuk membasuh mata saya. Caranya waktu itu mengikuti saran ibu adalah dengan mencelupkan mata saya ke mangkok atau wadah air bersirih tersebut. Tentunya setelah air bersirih tersebut tidak lagi panas betul. Hangat-hangat kuku lah. Atau dingin sekalian juga gak papa.
Anda tahu apa yang terjadi? Beberapa menit kemudian mata merah saya mulai berkurang bengkaknya. Beberapa kali saya disuruh oleh ibu untuk mengulangi apa yang saya lakukan sebelumnya yaitu mencelupkan mata merah iritasi tersebut ke rendaman air daun sirih. Dan dalam satu hari setelah saya melakukan pengobatan tradisional itu, secara mengagumkan mata saya sudah tidak bengkak dan merah lagi.
Ringkasan mengatasi mata merah iritasi:
Petik beberapa lembar daun sirih
Rendam daun sirih dalam air panas
Tunggu sampai rendaman agak dingin atau dingin
Celupkan mata anda ke dalam rendaman
Ulangi sampai beberapa kali
Semoga saja pengalaman saya ini bermanfaat.
Salam Sehat

Pijat Untuk sakit Gigi dan Sakit kepala

Dari pengalaman pijat memijat saya, cara yang paling efektif untuk meredakan sakit kepala atau sakit gigi adalah dengan memijat daerah penghilang rasa sakit. Dengan memijat daerah ini, rasa sakit baik itu senut-senut karena sakit gigi maupun pusing kepala bisa diredakan dan kemungkinan bisa dihilangkan. Di buku akupuntur titik ini sering disebut titik penghilang rasa sakit. Mirit dengan obat penenang mungkin. Nah dimanakah titik penghilang rasa sakit ini?

Jika anda terkena sakit kepala atau sakit linu apapun, lakukan pemijatan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk. Kemudian ikuti dengan pimijatan di daerah ini juga di bagian kaki. Lakukan pemijatan sampai pasien atau diri anda merasakan sakit karena pemijatan ini. Sakit ini wajar dan jangan ditahan-tahan. Biarkan sakit karena pemijatan in berlangsung. Setelah itu anda bisa rasakan apakah sakit kepala anda maupun sakit gigi anda bisa berkurang atau tidak.

Sejauh pengalaman di dunia pemijatan ini, saya cukup merasa berterimakasih atas tips pemijatan ini, karena hasilnya yang lumayan cukup berhasil. Jadi jika anda tidak punya pil aspirin atau obat penghilang rasa sakit, cukup lakukan tindakan pemijatan seperti yang saya sarankan diatas. Mungkin ini bisa membantu

Salam Sehat

Mengatasi Keracunan Makanan

1. Cuci tangan dengan bersih sebelum mengolah atau menyantap makanan. Cuci tangan ini khususnya sangat penting setelah Anda memegang binatang atau organik, seperti binatang peliharaan atau mencuci binatang.

2. Pastikan segala peralatan yang digunakan untuk memotong, pisau, peralatan memasak dan semua peralatan untuk meletakkan makanan disterilkan dengan sabun anti bakteri.

3. Cuci bersih semua buah dan sayur sebelum dimakan mentah.

4. Pastikan semua makanan yang bersumber dari hewan (daging, telur, susu) telah disterilkan atau dimasak dengan matang sebelum dikonsumsi. Jika Anda makan di restoran dan mendapati makanan belum matang, minta kembali masakan matang dan periksa kembali sesuai permintaan.

5. Jangan letakkan makanan dari hewan (daging, telur dan produk susu) di ruangan dengan temperatur biasa baik dimasak atau tidak. Masukan dalam kulkas dalam temperatur beku.

6. Simpan segera makanan sisa di kulkas. Untuk mencegah terkena bakteri, panaskan dengan layak semua makanan sisa sebelum memakannya.

7. Periksa terlebih dahulu sebelum memasak jenis ikan dan kerang. Pilih produk yang masih segar saat membelinya. Ikan jenis makanan yang biasanya jadi penyebab keracunan.

8. Atur peletakan makanan di kulkas, jangan sampai tetesan jus, darah dari daging mengenai makanan lainnya. Letakkan daging di tempat penyimpanan daging di kulkas. Letakkan daging yang berbeda secara terpisah, jangan menumpuknya, misalnya daging sapi, daging ayam dan ikan secara diletakkan secara terpisah.

9. Pahami cara pengalengan di rumah saat Anda memutuskan membuat selai, jelly, asinan atau jenis makanan kaleng lainnya.

Sepuluh (10) tips kesehatan

Sepuluh (10) tips kesehatan :

1. Banyak bergerak

2. Kurangi makanan berlemak

3. Berhenti merokok

4. Kurangi stres

5. Lindungi diri anda dari polusi

6. Gunakan sabuk pengaman

7. Jaga kebersihan gigi anda

8. Hindari minuman beralkohol

9. Berpikir positif

10. Memilih genetik terbaik

Sumber : http://www.health-fitness-tips.com

10. Selalu baca label sebelum membeli atau memakan makanan. Ikuti instruksi yang ditulis dilabel untuk memasak atau cara memakan jenis makanan yang Anda beli. Pastikan selalu melihat tanggal kadaluarsanya.

Keracunan makanan tidak dapat dianggap remeh. Sebagian kasus keracunan makanan disebabkan bakteri yang dapat menyebabkan kecacatan atau bahkan kematian, khususnya pada anak-anak, orang dewasa, wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh kurang. Jadi, kalau Anda mengalami keracunan makanan, segeralah mencari pertolongan dokter. (kpl/erl)

Apa yang Dimaksud dengan Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah adalah tekanan yang diberikan oleh darah terhadap dinding pembuluh darah arteri. Tekanan itu diukur dalam satuan milimeter mercury (mmHg) and direkam dalam dua angka-tekanan sistolik (ketika jantung berdetak) terhadap tekanan diastolik (ketika jantung relaksasi). Kedua angka ini penting. (Lihat box 1)

Tekanan darah naik turun sepanjang hari. Tetapi, ketika tekanan darah terus naik dalam masa tertentu, inilah yang disebut dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi berbahaya karena membuat jantung bekerja terlalu keras, dan tekanan yang kuat dari aliran darah dapat melukai pembuluh darah arteri dan organ-organ seperti jantung, ginjal, otak, dan mata. Tekanan darah tinggi  seringkali tidak menunjukkan tanda atau gejala. Ketika tekanan darah tinggi terjadi, biasanya akan berlangsung seumur hidup. Jika tidak dikontrol, dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal, stroke, dan kebutaan.

Tekanan darah tinggi mempengaruhi lebih dari 65 juta-atau 1 dari 3- penduduk Amerika dewasa. Sekitar 28% berusia 18 tahun dan lebih, atau sekitar 59 juta penduduk, menderita prehipertensi, kondisi yang juga meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi cukup umum bagi keturunan Afrika Amerika, yang memiliki kecendurangan menjadi penderita pada usia yang lebih muda dan lebih sering dibandingkan keturunan kulit putih. Hal serupa juga terjadi pada penduduk Amerika berusia lanjut-individu dengan tekanan darah normal pada usia 55 tahun memiliki 90% resiko menderita tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi dapat dikontrol jika Anda melakukan langkah berikut :

  • Mempertahankan berat badan yang ideal (sehat).
  • Melakukan aktivitas fisik yang cukup sepanjang hari.
  • Mengikuti pola makan yang sehat, termasuk mengkonsumsi makanan rendah garam.
  • Jika Anda mengkonsumsi alkohol, berusahalah untuk mengurangi konsumsi alkohol.
  • Jika Anda penderita tekanan darah tinggi dan sedang mengkonsumsi obat, lakukan sesuai petunjuk dokter.

Box 1: Level Tekanan Darah Dewasa*

Kategori Systolic** (mmHg)*** Diastolic** (mmHg)*** Hasil
Normal Kurang dari 120 dan kurang dari 80 Baik untuk Anda!
Prehipertensi 120-139 atau 80-89 Tekanan darah Anda kemungkinan bermasalah. Lakukan perubahan pada makanan dan minuman Anda, lakukan aktivitas fisik, dan kurangi kelebihan bobot badan. Jika Anda penderia diabetes, segera temui dokter Anda.
Hipertensi 140 atau lebih atau 90 atau lebih Anda menderita tekanan darah tinggi. Tanyakan kepada dokter atau perawat Anda bagaimana mengontrolnya.

* Bagi dewasa usia 18 dan lebih yang tidak sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi dan tidak menderita penyakit serius dalam waktu dekat.Sumber: The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure; NIH Publication No. 03-5230, National High Blood Pressure Education Program, May 2003.

** Jika tekanan sistolik and diastolik masuk ke dalam kategori yang berbeda, satus secara umum mengikuti kategori yang lebih tinggi.

Minum kopi bisa membantu otak tetap tajam lebih lama

Minuman penyegar pagi Anda ini dapat melakukan lebih dari hanya untuk melewatkan hari – tetapi juga dapat menjaga otak Anda agar tetap sehat.

Peneliti Denmark dan Swedia menemukan bahwa orang yang minum tiga sampai lima cangkir kopi sehari mendapati kemungkinan untuk menderita dementia 65 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum dua cangkir atau kurang.

Studi sebelumnya telah menghubungkan kopi kepada berbagai kesehatan perks yang mungkin berkontribusi pada penemuan terakhir ini. Peminum kopi telah menunjukkan penurunan risiko diabetes tipe 2, mengurangi pembentukan plaque di otak, dan mengurangi risiko penyakit vascular – ketiga efek ini dapat berkontribusi untuk mengurangi risiko Alzheimer.

Kopi bukanlah satu-satunya hal yang dapat membantu Anda meningkatkan otak Anda. Sebuah studi baru di Inggris menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menurunkan resiko dementia dan menurunkan resiko Anda untuk terkena penyakit Parkinson. Anda juga dapat memberi otak Anda dengan suplemen omega-3 fatty acid yang ditemukan dalam minuman ini.

Jadi jika Anda ingin tetap mempunyai ingatan yang tajam dalam hidup, buatlah pilihan sederhana ini – it’s the smartest thing you could do for your brain.

Tips ini di liput dari beberapa tips blog di internet….semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s